Apakah Menelan Sperma Dapat Menyebabkan Kehamilan? Begini Penjelasannya
Kehamilan

Apakah Menelan Sperma Dapat Menyebabkan Kehamilan? Begini Penjelasannya

Agustus 25th 2022

Apakah menelan sperma dapat menyebabkan kehamilan? Sperma mungkin memang dapat menyebabkan kehamilan, ketahui terlebih dulu bagaimana cara sperma dapat menyebabkan kehamilan dalam ulasan artikel ini.

Saat ejakulasi, pria mengeluarkan cairan air mani yang tersusun dari air, plasma dan lendir. Di dalam air mani (atau disebut juga semen), ada kandungan nutrisi berupa kalsium, citrat, fruktosa, glukosa, asam laktat, magnesium, kalium, protein dan zinc. Selain itu, air mani juga mengandung sperma yang terdiri dari jutaan sel berukuran kecil, yang pada akhirnya akan bertemu dan membuahi sel telur serta menciptakan kehidupan baru.

Kepala sperma mengandung kromatin, bagian materi DNA yang nantinya akan membentuk kromosom. Biasanya, sel sperma manusia dan sel telur masing-masing mengandung 23 kromosom, yang saat pembuahan akan bergabung dan menghasilkan embrio dengan 46 kromosom. Pada pembuahan ini, ada risiko kelainan kromosom yang dapat menyebabkan kecacatan pada bayi, entah karena salinan kromosom yang salah, jumlah kromosom berlebih, atau salinan kromosom yang hilang. Untuk mengetahui adanya kelainan kromosom, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan NIPT test di awal kehamilan yang dapat mendeteksi adanya kelainan genetik sejak trimester kehamilan pertama.

Apakah menelan sperma dapat menyebabkan kehamilan?

ilustrasi pisang dan krim
Sumber gambar

Apabila ditanya apakah menelan sperma dapat menyebabkan kehamilan, maka jawabannya adalah tidak. Sperma yang masuk ke dalam perut akan masuk ke dalam tubuh melewati saluran pencernaan, berjalan menuju ke dalam lambung, usus kecil dan usus besar. Tidak ada jalan bagi sperma untuk masuk ke dalam rahim jika sudah masuk ke saluran pencernaan, bahkan mungkin sperma akan mati dan tidak berfungsi lagi saat masuk ke dalam lambung karena dihancurkan oleh asam lambung.

Kehamilan pada dasarnya hanya dapat terjadi bila sperma bertemu dengan sel telur melalui hubungan seksual yang dilakukan di masa subur. Pembuahan juga bisa terjadi di luar rahim melalui program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF). Pembuahan melalui program hamil, baik inseminasi (IUI) maupun bayi tabung (IVF) harus dilakukan dengan hati-hati, dan harus melewati berbagai prosedur yang cukup rumit terlebih dahulu agar berhasil.

Menelan sperma saat oral seks bagaimana rasanya?

ilustrasi wanita menjulurkan lidah
Sumber gambar

Sperma hanya bagian kecil dari air mani, sehingga bukan hanya cairan sperma saja yang ikut Anda telan saat ejakulasi. Seperti disebutkan di atas, air mani terdiri dari beragam kandungan, seperti air, lendir, sperma dan aneka nutrisi. Dalam sekali ejakulasi, cairan air mani mengandung setidaknya 5-7 kalori, dengan kandungan protein sebagai nutrisi yang paling tinggi.

Karena sperma hanya bagian kecil dari air mani, maka Anda akan lebih banyak merasakan kandungan lainnya saat menelannya. Rasa air mani orang yang satu dan yang lain bisa berbeda-beda, sebagian orang menggambarkan rasa air mani yang pernah ditelannya dengan rasa asin, pahit, manis, seperti rasa logam, atau berbau vanilla. Pola makan dan gaya hidup sangat mempengaruhi perubahan komposisi dan aroma air mani, mereka yang sebelum berhubungan intim mengonsumsi makanan manis seperti buah-buahan, cenderung mengeluarkan air mani yang berbau seperti buah pula.

Selain memiliki rasa, air mani juga memiliki aroma yang berbeda-beda. Menelan air mani mungkin akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang, karena aroma air mani dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Aroma air mani juga dapat berubah ketika tercampur dengan cairan tubuh seperti urin dan keringat. Aromanya juga akan berbeda ketika pH balance-nya berubah. Umumnya, pH balance air mani berkisar 7,2 hingga 8,0, yang akan segera berubah ketika masuk ke ruangan yang bersifat asam seperti liang vagina.

Manfaat dan risiko menelan air mani, yang Anda wajib tahu

ilustrasi kesehatan seksual
Sumber gambar

Secara umum, menelan air mani cukup aman karena tidak ada zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisinya bahkan dapat bermanfaat bagi tubuh Anda. Menurut penelitian, menelan air mani dapat menurunkan gejala depresi serta preeklamsia, namun masih perlu penelitian lebih dalam terkait kedua hal tersebut, karena mungkin masih ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Selain manfaat, menelan air mani atau sperma memiliki risiko tersendiri. Air mani mungkin mengandung bakteri atau ragi yang tinggal di saluran reproduksi saat seseorang terinfeksi penyakit tertentu. Menelan sperma dalam aktivitas seks oral pada dasarnya tidak dapat menyebabkan kehamilan, namun Anda wajib berhati-hati karena menelan sperma meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

Adapun risiko infeksi menular seksual yang dapat menular pada Anda melalui seks oral atau saat menelan sperma adalah:

  • Klamidia
  • Gonorrhea
  • Sifilis
  • Herpes
  • Human papillomavirus
  • HIV
  • Trikomoniasis

Risiko terinfeksi penyakit menular seksual akan lebih tinggi apabila Anda memiliki luka terbuka di area genital maupun mulut, memiliki kebersihan rongga mulut yang kurang baik, Anda menelan air mani atau sperma dari orang yang terinfeksi penyakit menular seksual.

Walaupun menurut CDC risiko penularan infeksi menular seksual maupun HIV cukup rendah melalui seks oral, Anda perlu tahu cara menurunkan risiko penularan tersebut, yaitu:

  • Dengan menggunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual baik oral maupun vaginal.
  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual dan mempraktekkan seks bebas.
  • Memastikan bahwa pasangan telah mendapatkan skrining infeksi menular seksual maupun HIV sebelum berhubungan intim.

Selain risiko terpapar infeksi menular seksual, menelan sperma bagi sebagian orang dapat menimbulkan reaksi alergi tertentu. Kondisi ini mungkin jarang terjadi, namun pernah dilaporkan. Alergi air mani disebut dengan hipersensitivitas plasma mani. Kondisi ini dapat terjadi jika Anda memiliki reaksi sistem kekebalan terhadap protein yang ada di dalam air mani. Kondisi yang langka ini bukan penyebab langsung kemandulan, namun mungkin mempengaruhi peluang kehamilan.

Saat mengalami alergi air mani, seseorang akan mengalami perubahan warna kulit, merasa terbakar dan bengkak di bagian yang bersentuhan langsung dengan air mani. Beberapa orang juga memiliki respon seperti gatal-gatal, bentol-bentol, dan kesulitan bernapas.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Mereka yang mengalami alergi air mani akan disarankan menjalani alternatif program hamil seperti inseminasi intrauterin (IUI) atau fertilisasi in vitro (IVF) untuk meningkatkan peluang kehamilan. Mengalami alergi air mani juga dapat berbahaya saat gejala alergi berubah menjadi anafilaksis (gejala alergi parah yang membahayakan jiwa), segera periksakan diri ke dokter terutama bila gatal-gatal atau perubahan warna kulit disertai dengan sesak napas.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sperm#what-is-it
  2. https://www.webmd.com/sex-relationships/how-many-nutrients-are-in-semen
  3. https://www.medicalnewstoday.com/articles/swallowing-semen#summary
  4. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/infertility/expert-answers/semen-allergy/faq-20058370

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id