Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Lengkeng? Simak Ulasan Ini
Kehamilan

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Lengkeng? Simak Ulasan Ini

September 26th 2022

Lengkeng atau Dimorcopus longan merupakan buah yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang manis. Sayangnya, beredar informasi yang membuat orang bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh makan lengkeng. Buah ini disebut memiliki dampak yang buruk terhadap kehamilan dan janin dalam kandungan.

Padahal, lengkeng termasuk buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Pohonnya yang pendek dan berdaun lebat dapat tumbuh dengan subur di dataran dengan suhu tropis. Lengkeng juga dapat diolah menjadi banyak variasi makanan, misal untuk jus, campuran minuman, perisa, maupun dikemas dalam kaleng. Seluruh bagian dari tumbuhan ini pun sering dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Lalu apakah benar lengkeng memiliki dampak buruk terhadap kehamilan? Apakah ibu hamil boleh makan lengkeng? Apa saja manfaat lengkeng? Simak ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya.

Apakah ibu hamil boleh makan lengkeng?

buah lengkeng
Sumber gambar

Anda mungkin pernah mendengar bahwa konsumsi lengkeng selama masa kehamilan dapat menyebabkan beberapa masalah. Ada yang mengatakan bahwa lengkeng merupakan buah yang bersifat panas sehingga dapat memengaruhi suhu tubuh ibu hamil. Hal tersebut berakibat pada naiknya suhu dalam rahim sehingga merusak metabolisme janin.

Sebuah informasi mengatakan bahwa lengkeng mengandung senyawa yang mengakibatkan rasa nyeri pada tulang belakang dan panggul. Hal itu tentu sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil. Ada pula yang menyebutkan bahwa konsumsi lengkeng dapat menginduksi terjadinya kontraksi yang dapat berujung pada persalinan prematur.

Begitu banyak informasi yang simpang siur membuat orang mulai meragukan manfaat lengkeng. Sebenarnya, apakah ibu hamil boleh makan lengkeng? Benarkah informasi yang beredar tersebut?

Lengkeng memang memiliki efek panas dalam tubuh, namun itu tidak berpengaruh terhadap janin dalam kandungan. Lengkeng juga tidak terbukti menyebabkan nyeri tulang belakang dan panggul pada ibu hamil. Sama seperti kandungan bromelain pada nanas, senyawa yang terkandung dalam lengkeng tidak cukup banyak untuk dapat menimbulkan kontraksi yang berujung pada persalinan.

Justru satu hal yang harus diperhatikan adalah kandungan gula pada lengkeng. Lengkeng memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga tidak baik bila dikonsumsi penderita diabetes. Apabila Anda telah menderita diabetes sejak sebelum hamil, hindarilah konsumsi lengkeng berlebihan.

Jadi, Anda tak perlu bertanya lagi apakah ibu hamil boleh makan lengkeng. Belum ada penelitian yang pasti mengenai bahaya lengkeng seperti yang disebutkan di atas. Alih-alih demikian, lengkeng justru memiliki banyak manfaat sehingga baik dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat lengkeng bagi ibu hamil

manfaat buah lengkeng
Sumber gambar

Lengkeng adalah buah yang kaya akan vitamin C, B, dan kalium. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi membuatnya mampu menjaga kesehatan tubuh Anda ketika hamil. Berikut adalah manfaat lengkeng bagi ibu hamil.

Menjaga kesehatan jaringan

Vitamin C yang tinggi membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Ia mampu mempercepat regenerasi sel yang rusak, seperti pada pemulihan luka atau jaringan lain yang rusak. Vitamin C juga membentuk kolagen yang membuat kulit tampak awet muda dan berperan penting dalam merawat kesehatan rongga mulut.

Menjaga kesehatan jantung

Lengkeng memiliki efek antioksidan yang besar karena kandungan vitamin C yang tinggi. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah kekakuan pembuluh darah. Sifat itulah yang mampu menjaga kesehatan jantung, terutama selama masa kehamilan.

Mengontrol tekanan darah

Selain kaya akan vitamin C, lengkeng juga mengandung kadar kalium yang tinggi. Kalium adalah sejenis mineral yang membantu mengontrol tekanan darah. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi kalium yang lebih banyak daripada natrium akan membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Pada ibu hamil, kontrol tekanan darah sangatlah penting. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat mengakibatkan preeklamsia hingga eklamsia yang dapat berujung pada kematian ibu dan bayi. Itulah mengapa konsumsi lengkeng sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang hamil.

ilustrasi buah lengkeng
Sumber gambar

Nah, setelah membaca ulasan di atas, Anda tentu mengerti bahwa bukannya berbahaya, lengkeng justru memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Sekarang Anda tak perlu lagi bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh makan lengkeng atau tidak. Selama dikonsumsi dalam jumlah wajar, lengkeng seharusnya tidak memberikan masalah bagi kehamilan.

Lalu apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih besar dari buah tersebut, tes nutrigenomik adalah salah satu solusi yang dapat dicoba. Karena tes nutrigenomik dapat membantu Anda menemukan jenis makanan atau buah tertentu yang paling tepat bagi tubuh. Tak hanya dapat merawat kehamilan, Anda bisa tampak awet muda dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat.

Selain nutrisi, pemeriksaan USG juga harus dilakukan secara rutin untuk dapat mendeteksi kelainan secara dini. Anda juga dapat mencoba tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom maupun jenis kelamin bayi sejak trimester pertama kehamilan. Menarik, bukan?

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah sekilas mengenai manfaat lengkeng bagi kehamilan. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan Anda mengenai apakah ibu hamil boleh makan lengkeng atau tidak. Selamat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia.

Sumber:

  1. https://www.nparks.gov.sg/florafaunaweb/flora/2/8/2848
  2. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-longan

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id