Pentingnya Seseorang Mengetahui Apa Itu Genomic
Kesehatan

Pentingnya Seseorang Mengetahui Apa Itu Genomic

Mei 12th 2022

Genomic adalah hal yang sebaiknya Anda ketahui lebih dalam. Apa alasannya? Simak ulasan menariknya berikut ini.

Di dunia ini, banyak hal-hal menarik untuk dibahas dan dipelajari, salah satunya mempelajari genetika organisme. Berbicara soal genetika organisme, bukan berarti membahas rekayasa genetik melulu. Anda juga perlu tahu bahwa ada bidang ilmu yang disebut genomic.

Di Indonesia sendiri, belum banyak orang yang tahu atau mempelajari tentang genomic. Apa itu genomic? Menurut WHO, genomic adalah studi tentang total atau sebagian dari informasi urutan genetik atau epigenetik organisme. Dalam studi ini, manusia mencoba untuk memahami struktur dan fungsi urutan genetik atau epigenetik pada produk biologis.

Sederhananya, genomik adalah studi tentang genom (materi genetik) suatu organisme, dan bagaimana informasi tersebut diterapkan. Semua organisme, termasuk bakteri bersel tunggal, tanaman, hewan dan manusia, memiliki genom yang terdiri dari DNA.

Perbedaan gen dan DNA

ilustrasi gen dan dna
Sumber gambar

Sebelum jauh membahas genomic, yuk terlebih dahulu ketahui tentang gen dan DNA.

Gen adalah bagian dari DNA yang berupa unit fisik dan fungsional dasar hereditas. Gen terdiri dari DNA, di mana beberapa gen bertindak sebagai instruksi untuk membuat molekul yang disebut protein. Pun demikian, tidak semua gen di dalam tubuh mengkode protein.

Para peneliti memperkirakan bahwa manusia memiliki sekitar 20-25 ribu gen di dalam tubuhnya. Di mana setiap orang memiliki dua salinan dari setiap gen, satu diwarisi dari setiap orang tua.

Kebanyakan gen sama pada semua orang, tetapi sejumlah kecil gen sedikit berbeda. Alel adalah bentuk gen yang sama dengan perbedaan kecil dalam urutan basa DNA, perbedaan kecil inilah yang kemudian berkontribusi pada ciri fisik unik setiap orang. Para ilmuwan melacak gen dan memberi masing-masing nama yang unik. Karena namanya yang relatif panjang, gen juga diberi simbol yang merupakan kombinasi huruf pendek agar mewakili versi singkat dari namanya, misalnya gen pada kromosom 7 yang dikaitkan dengan fibrosis kistik dengan simbol CFTR.

DNA adalah molekul yang membawa informasi genetik untuk perkembangan dan fungsi suatu organisme. DNA terbuat dari dua untaian yang terkait dan berputar satu sama lain menyerupai rantai yang dikenal sebagai heliks ganda. Setiap untaian memiliki tulang punggung yang terbuat dari gula (deoksiribosa) dan gugus fosfat. Urutan basa di sepanjang tulang punggung DNA mengkodekan informasi biologis, seperti instruksi untuk membuat protein atau molekul RNA. Secara menakjubkan, protein dan molekul tersebut membuat Anda menjadi diri sendiri yang berbeda dari orang lain. Semakin banyak orang memahami tentang DNA, diharapkan semakin bisa manusia memahami satu sama lain dan memahami dunia di sekitarnya.

Genomic adalah studi menarik yang berbeda dari genetika

ilustrasi penelitian genomic
Sumber gambar

Anda mungkin lebih sering mendengar tentang istilah genetika dibandingkan dengan genomic. Genetika adalah studi tentang gen dan perannya dalam pewarisan, seperti sifat atau kondisi tertentu yang diturunkan dalam gen dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam bidang kesehatan, genetika biasanya berfokus pada variasi dalam satu gen ketika menentukan penyebab suatu kondisi kesehatan.

Sedangkan genomic sendiri adalah istilah yang mencakup semua yang memperhitungkan semua DNA dalam genom seseorang atau organisme, baik gen yang mengkode protein dan area non-coding. Genomic melihat bagaimana gen diekspresikan dan interaksi antara gen yang berbeda.

Perbedaan utama antara genomic dan genetika diringkas secara sederhana sebagai berikut, genetika meneliti fungsi dan komposisi gen tunggal sedangkan genomic membahas semua gen dan hubungan antar mereka untuk mengidentifikasi pengaruh gabungan mereka pada pertumbuhan dan perkembangan organisme.

Pentingnya mengetahui tentang genomic

ilustrasi keluarga
Sumber gambar

Semua makhluk hidup berevolusi dari nenek moyang yang sama. Oleh karena itu, manusia, hewan dan organisme lain mungkin memiliki banyak kesamaan gen dan molekul yang berfungsi dengan cara serupa. Para ilmuwan juga telah menemukan banyak gen yang telah diawetkan selama jutaan tahun dan hadir dalam berbagai organisme yang hidup saat ini.

Dengan mempelajari gen yang diawetkan, mereka dapat membandingkan genom spesies yang berbeda untuk mengungkap persamaan dan perbedaan yang meningkatkan pemahaman tentang bagaimana gen manusia berfungsi dan dikendalikan. Pengetahuan ini juga membantu para peneliti mengembangkan strategi baru untuk mengobati dan mencegah penyakit pada manusia.

Tak hanya berhenti mempelajari gen manusia, para ilmuwan juga mempelajari gen bakteri, virus dan jamur demi mencegah dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh mereka. Semakin banyak penelitian yang dilakukan, semakin berkembang wawasan terhadap bagaimana mikroba di dalam tubuh mempengaruhi kesehatan.

Sama halnya dengan pembelajaran tentang genetika, penelitian terhadap genomic dan bioteknologi terkait pada potensi untuk mencapai sejumlah tujuan kesehatan masyarakat dunia. Penelitian ini dapat membantu mengurangi ketidaksetaraan kesehatan global dengan menyediakan cara yang lebih efisien, hemat biaya dan kuat bagi negara-negara berkembang, terutama untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit yang membebani masyarakat mereka.

Walaupun termasuk cabang ilmu baru, namun genomic berkembang pesat dan menunjukkan peran penting di masa depan untuk penyediaan perawatan kesehatan yang lebih baik. Dalam jangka panjang, genomic juga menawarkan pendekatan baru untuk mencegah dan mengelola penyakit yang sulit disembuhkan.

Memahami lebih lanjut tentang penyakit menggunakan pendekatan gen dan faktor lingkungan (genomics) dapat mengarah pada diagnosis, intervensi yang ditargetkan sejak awal. Kesehatan Anda dipengaruhi oleh riwayat keluarga dan faktor lingkungan, yang menjadikan riwayat keluarga sebagai alat pribadi yang penting dalam membantu mengidentifikasi banyak faktor penyebab kondisi yang juga memiliki komponen genetik. Riwayat keluarga juga berfungsi sebagai landasan untuk belajar tentang kondisi genetik dan genomic, dan untuk mengembangkan pendekatan individual untuk pencegahan, intervensi dan pengobatan penyakit.

BACA JUGA: Tentang Nutrigenomik, Ketika Nutrisi dan Genetik Saling Bersinggungan

Ke depannya, teknologi terkait genom diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kesetaraan kesehatan global. Pertukaran informasi, keahlian dan teknologi antar negara dibutuhkan agar dapat mempercepat proses ini.

Sumber:

  1. https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/genomicsc
  2. https://www.genome.gov/about-genomics/fact-sheets/A-Brief-Guide-to-Genomics
  3. https://www.genomicseducation.hee.nhs.uk/education/core-concepts/what-is-genomics/
  4. https://medlineplus.gov/genetics/understanding/basics/dna/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id